Pemantapan Skill Anggota Muda

Memasuki liburan kuliah yg panjang, kami mengisinya dengan kegiatan pemantapan skill anggota muda yaitu konservasi alam. Untuk pertama kalinya materi ini kembali hadir setelah beberapa tahun, makanya selain anggota muda, anggota biasa pun turut ikut serta. Lokasi kegiatan tak jauh-jauh dari Stacia, yaitu Pulo Situ Gintung. Yang kami lakukan selama kegiatan adalah mengamati flora dan fauna yang ada disekitar Pulo Situ Gintung dan meneliti bagaimana dampak lingkungan setelah Bencana Situ Gintung.

Kami membentuk 2 team, team pertama mengamati fauna (binatang) dan team kedua mengamati flora (tumbuhan). Mengamati walau terlihat kegiatan yg sederhana namun butuh banget yang namanya kesabaran. Apalagi kalau mengamati mahluk hidup, mereka mempunyai tingkat kesensitifan yang lebih tinggi dibanding yang lain. Makanya harus sabar selama berjam-jam berdiam di satu tempat dan menunggu apa yang akan terjadi disekitar kita.

Walau lokasi pengamatan cukup dekat dari sekretariatan, kami memilih rute yang tak biasa. Kami lewat situ yang telah kering akibat bencana beberapa bulan yang lalu. Situ yang tadinya berisi air puluhan liter, kini berganti rupa dengan kebun dan berbagai tumbuhan ilalang liar. Kami menempuh perjalanan sekitar 1 jam, sebab kondisi tanah yang pecah2 membuat kami mudah terjebak.


Sesampainya kami langsung istirahat, kemudian ketika sore hari tiba kami mulai untuk pengamatan. Kedua team berpencar untuk mengamati, banyak sekali yang kita temukan dalam pengamatan. Berbagai burung kota, kadal, kodok dan serangga banyak jenisnya. Hanya saja karena keterbatasan pengetahuan akan jenis flora dan fauna kami hanya mampu mengabadikan sebagian dari yang kami temui dan mendeskripsikan ciri-cirinya. Tak terasa waktu cepat sekali berlalu, pengamatan kami terasa cepat karena menikmati tingkah lalu fauna dan mengagumi keindahannya. tapi masih banyak yang belum kami amati sehingga diputuskan diteruskan besok lagi.


Esoknya, kegiatan yang kami lakukan tak jauh berbeda. tetap menunggu dan mengamati lingkungan sekitar, mengambil lokasi yg berbeda dengan yang kemarin. Flora dan Fauna yang terdapat disini mengalami perubahan sejak hilangnya air dari situ, sebagian fauna kehilangan tepat tinggal. Dulu sebelum bencana banyak sekali fauna yang hadir. ya...dampak akibat kejadian itu sangatlah terasa. Lagi-lagi waktu tak terasa terlewat begitu saja. Hari sudah terlalu sore. Kegiatan kami hentikan dan dengan segera akan mengolah data yang kami dapat. Di samping itu, banyak hal dan pelajaran yang kami dapat selama kegiatan ini.


Tanpa kita sadari banyak sekali keindahan di sekitar kita namun sering kali kita lupa dan merusak lingkungan. Seandainya kita lebih peduli akan lingkungan, maka permasalahan akan polusi dan global warming saat ini tidaklah terlalu berat. Tapi tak pernah ada kata terlambat untuk itu, bila kita mulai dari sekarang untuk menjaga dan peduli, maka keadaan masa depan akan lebih baik dari sekarang.

Komentar

  1. Kami serahkan STACIA berada di pundak kalian wahai para 'Petualang Muda'.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

history of Stacia

....Daur Ulang Sampah,,,,