history of Stacia

Setiap organisasi pasti mempunyai kisah bagaimana organisasi itu terbentuk dan berdiri....


Stacia juga punya tentunya, yg dari generasi ke generasi selalu diceritakan kepada anggota baru bagaimana stacia terbentuk dan berdiri....


inilah sejarah bagaimana Mapala Stacia UMJ terbentuk dan berdiri....


"Sebelum berdirinya organisasi mahasiswa pecinta alam Stacia Universitas Muhammadiyah Jakarta, telah ada organisasi pecinta alam di masing-masing fakultas. Namun lembaga pecinta alam tersebut dibubarkan oleh keputusan Rektor yg disebabkan karena tidak adanya respon terhadap instruksi yang disampaikan oleh Rektor mengenai penyatuan organisasi pecinta alam di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Alasan lain yaitu, karena dengan adanya beberapa organisasi pecinta alam di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta, menjadi kurang efektif dan tidak efisien, baik dalam pelaksanaan program kegiatan maupun ditinjau dari eksistensinya. Oleh karena itulah, Rektor menginstruksikan agar organisasi pecinta alam di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta dapat disatukan.

Keadaan ini tidak dibiarkan begitu saja, beberapa anggota organisasi dari masing-masing lembaga pecinta alam di tingkat fakultas menyatakan sikap untuk mengadakan rapat pembentukan organisasi pecinta alam di tingkat universitas.
kemudian melakukan koordinasi dengan pengurus senat mahasiswa perguruan tinggi dan lobiying dengan mantan anggota pecinta alam di tingkat fakultas serta pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan. Kemudian hal ini ditanggapi pula oleh ketua senat mahasiswa perguruan tinggi dan senat fakultas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta serta adanya motivasi yang kuat dari mahasiswa, bahwa organisasi pecinta alam dipandang perlu sebagai wahana dan sarana kegiatan mahasiswa di bidang kepecintaalaman.

Sejak dibubarkannya organisasi pecinta alam di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dimulai sejak tanggal 1 Oktober 1991. Maka dengan modal semangat yang tinggi untuk menyatukan organisasi-organisasi pecinta alam yang pernah ada tersebut, lahirlah sebuah organisasi pecinta alam di tingkat Univrsitas pada tanggal 27 November 1991 dengan nama Stacia. Istilah Stacia diambil dari bahasa Jerman kuno yang artinya “kebangkitan”. Maksud dari istilah tersebut adalah “menghidupkan kembali sesuatu yang pernah ada” yaitu organisasi pecinta alam di tingkat fakultas yang telah dibubarkan yang kemudian menjadi hanya ada satu organisasi mahasiswa pecinta alam di tingkat Universitas Muhammadiyah Jakarta yaitu Stacia."

nah, itulah sejarah singkat bagaimana Stacia terbentuk dan sebentar lagi akan memasuki umur ke-18...

Jayalah Oh Staciaku...
Tegarlah Oh Staciaku...

Berjuang kita maju kedepan...
Hadapilah semua dengan kebersamaan...
Bersama menyongsong masa depan...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemantapan Skill Anggota Muda